0

Obat Kegagalan

Pernahkah kau mengalami suatu kegagalan? Dan kegagalan itu membuatmu sangat kecewa. Memang sangat menyakitkan jika kemenangan yang ditunggu-tunggu tetapi yang berbuah malah kegagalan. Kegagalan merupakan kemenangan yang tertunda. Tak usah bersedih, jadikanlah suatu kegagalan itu cambuk jitu untuk membuatmu lebih baik lagi. Kegagalan merupakan suatu motivasi untuk kita agar lebih baik. Jika tak ada kegagalan pada diri kita, kita tidak tau seberapa besar kemampuan kita, dalam arti kegagalan itu merupakan suatu tolak ukur diri kita. Kegagalan juga merupakan pengingat kita agar kita selalu rendah hati, jika kita selalu menang siapa tahu kita akan menjadi manusia yang sombong dan tak tau kemampuan orang yang ada di luar sana yang lebih dari pada kita. Berikut ini beberapa kiat agar kita bisa menghadapi kegagalan tanpa efek negatif:
ü  - Ingatlah pada Allah, berhusnudzanlah pada-Nya
Tak boleh kita berburuk sangka pada Allah (suudzan) karena mungkin Allah memberikan kegagalan itu sebagai jalan yang terbaik untuk kita. Mungkin sebagai ujian atau pengingat kita bahwa hidup itu memerlukan usaha.
ü  - Bersedih boleh, tapi tak boleh berlaru-larut
Besedih karena kegagalan itu hal yang wajar bagi seorang manusia. Tetapi tak boleh berlarut dalam kesedihan. Berlarut dalam kesedihan itu membuang – buang waktu lho! Lebih baik kita bangkit.
ü  - Jangan salahkan diri sendiri ataupun orang lain
Biasanya sebagian orang selalu menyalahkan dirinya ataupun orang lain yang terlibat. Itu sudah kehendak Allah yang tak mungkin bisa diubah lagi (takdir).
ü  - Jadikan suatu motivasi
Orang yang bijak tidak akan berlarut dalam kesedihan, dia akan bangkit dan menjadikan kegagalan itu suatu motivasi agar dia bisa tingkatkan lagi kemampuannya. Karena kegagalan itu merupaka suatu ujian untuk menemukan suatu arti.
ü  - Yang lalu biarlah berlalu
Apa yang telah terjadi tidak akan dapat diulang kembali. Tataplah masa depan yang panjang. Jangan biarkan kegagalan itu kembali dan semangatlah menghadapi semuanya.
Hanya itu obat yang bisa mengobati rasa kecewa pada kegagalan. Good luck!!!
Iruzuka~~

0 komentar:

Posting Komentar

Back to Top